Sabtu, 13 Mei 2017

Tutorial Cara Membuat Akun Official Line@

Sama halnya dengan membuat berbagai macam sosial media lainnya, membuat official account di Line@ bukanlah perkara sulit, karena memang layanan ini benar-benar disediakan oleh line corporation secara gratis di Indonesia.

Namun, dengan keputusan anda membuat akun Line@, maka anda harus menyetujui kebijakan dan privasi dari Line@ itu sendiri, agar dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena pada beberapa kasus, cukup banyak official account yang terkena delete permanen karena akunnya tidak sesuai kebijakan perusahaan.

Tujuan dari Line@ ini sendiri adalah menghubungkan antara para figur publik atau usaha dengan para penggemar atau juga kustomernya, jadi dengan layanan ini pengguna line messenger sekali akan lebih mudah terhubung kepada pihak-pihak yang mereka gemari.

Sehubungan dengan tujuannya memajukan UKM di Indonesia, maka khusus Line@ di Indonesia sementara ini masih hadir dengan tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Mungkin langkah ini diambil Line@ sendiri untuk memperkenalkan layanan baru ini sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Namun, line corporation juga menawarkan beberapa layanan "premium" bagi para pengguna aplikasi bisnisnya ini, seperti halnya premium id, fitur ini berfungsi untuk menggangi user id line@ anda sehingga bisa di kustomisasi, misalnya id line@ anda adalah @98931ks, maka anda bisa merubahnya jadi @barbershop atau nama bisnis anda sendiri, jadi akan lebih mudah ditemukan oleh masyarakat.

Mengapa Harus Line@?

Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, Line@ memiliki banyak fasilitas dan fitur yang dapat memudahkan anda dalam melakukan interaksi maupun promosi kepada para pengikut anda di Line.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah broadcast messages, timeline sharing, hingga fitur auto reply messages. Fasilitas ini merupakan sebuah fitur premium yang bahkan tidak akan anda temukan disosial media lainnya, karena memang layanan ini diperuntukkan khusus untuk pemilik usaha dan publik figur sekalipun.

Panduan Cara Membuat Akun Line@

Seperti yang sudah saya kemukakan sebelumnya, membuat akun line@ ini sangatlah mudah sama seperti membuat sosial media pada umumnya, terlebih Line Indonesia masih menerapkan kebijakan yang menguntungkan bagi para pengguna Line@ karena mereka tidak akan dikenakan charge sedikitpun alias gratis untuk menggunakan aplikasi ini.

Tanpa berlama-lama lagi, sekarang saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat akun Line@ dari ponsel anda.

1. Buka Google Play Store / App Store (IOS)

2. Download & install Line@














2. Pilih accept atau setuju














3. Buka aplikasi Line@ yang sudah diinstall

4. Pilih "Start with line"














5. Centang kedua persetujuan, kemudian klik next atau selanjutnya














6. Klik tombol "Allow"














7. Kemudian klik dilambang (+) untuk membuat akun line@














8. Isikan kolom-kolom yang ada sesuai keterangan dibawah dan ganti foto profil yang kosong, selanjutnya klik "Register"
  • Display Name = Nama official account Line@
  • Main Business = Bidang official account anda (publik figur, bisnis, dsb)
  • Business Details = Bidang spesifik dari official account anda














9. Selesai, anda sudah bisa mulai menggunakan Line@














Apabila akun line@ anda sudah berhasil dibuat, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengkustomisasinya, mulai dari header, profil picture, hingga memposting isi timeline.

Anda juga dapat memantau pergerakkan adders atau followers dari line@ anda melalui fitur statistik, dimana anda dapat melihat gain dan blocked adders yang ada, pada postingan selanjutnya saya akan mengeksplor lagi fitur-fitur yang ada pada line@ itu sendiri.