1. Sosial media menjadi salah satu cara termudah dalam mencari informasi mengenai Customer.
Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis dengan cara mengenal pelanggannya terlebih dahulu. Bagaikan sebuah peribahasa tak kenal maka tak sayang. Dalam sebuah sosial media membuat sebuah proses dalam pengenalan menjadi salah satu cara termudah jika dibandingkan cara yang sebelumnya.
Apalagi saat ini kecanggihan
teknologi sudah begitu pesat . Munculnya sosial media membuat
anda lebih mudah dalam mengenal customer. Dengan adanya perangkat
pendukung yang sudah tersedia, kini anda bisa lebih mudah dalam mengetahui
tentang seluk beluk para customer mulai dari bahasa yang mereka gunakan, jenis
kelamin, rentang usia dari informasi yang telah tersedia di Sosial Media.
Dengan berbagai perangkat
internet yang telah tersedia, kini anda dapat mengetahui secara terperinci
mengenai siapa saja konsumen anda. Informasi ini bisa membantu anda dalam
proses branding dan promosi pada target konsumen yang lebih tepat.
Salah satu kunci sukses bagi
seluruh bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media
membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan
sebelumnya.
Dengan perangkat pendukung yang
ada, kini bisa Anda bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja
konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin
dari sosial media. Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi
kepada target konsumen yang tepat.
Manfaatkan juga trend usia pengguna pada masing-masing sosial media, sebagai
acuan Anda dalam memilih chanel promosi.
Dengan target konsumen yang tepat
diharapkan memberikan keuntungan lebih dari investasi yang telah Anda lakukan.
Salah satu cara yang lebih efektif jika anda ingin mengirimkan sebuah pesan kepada para customer berdasarkan lokasi mereka tinggal anda bisa menggunakan sebuah aplikasi Geo – targeting. Penggunaan social media seperti line@ & instagram memiliki sebuah perangkat yang bisa membantu anda dalam menyajikan sebuah informasi yang sesuai dengan konsumen anda.
3. Sebuah social media seperti halnya Line@ akan lebih membantu anda dalam membuat sebuah bisnis kecil karena nantinya anda akan mampu menemukan konsumen dan mampu mencari konsumen yang lebih berpotensial dalam membeli produk anda
Sebuah pencarian berdasarkan sebuah lokasi yang lebih dekat dapat anda lakukan dengan aplikasi Line@. Kemudian anda akan menemukan calon konsumen yang dapat anda hubungi lebih lanjut dalam melakukan sebuah promosi bisnis.
Anda dapat menggunakan sebuah fitur location agar anda lebih mudah dalam menemukan calon konsumen yang lebih dekat dengan lokasi dalam bisnis anda. Kemudian dalam mencari para customer seperti langkah sebelumnya anda dapat memanfaatkan #hashtags yang telah terkait dengan bisnis yang anda tekuni nantinya digunakan untuk menemukan seorang calon konsumen yang telah sesuai dengan like/follow/comment dalam sebuah postingan agar nantinya mereka dapat mengetahui sebuah produk / brand anda.
4. Sosial Media mampu memudahkan parah konsumen dalam memberikan sebuah Feedback mengenai sebuah bisnis secara lebih langsung
Sosial media dalam menjalankan sebuah bisnis mampu memberikan sebuah akses feedback yang lebih positif maupun memberikan efek negative dari konsumen yang dijadikan sebuah informasi yang berharga dari berbagai sudut pandang konsumen. Salah satu contoh , apabila anda meluncurkan sebuah produk baru yang kemudian di share dalam sebuah social media, Maka anda bisa langsung secara instan dapat mengetahui pendapat dari berbagai macam konsumen.
5. Mampu mengembangkan sebuah target pasar dan selangkah lebih maju dari seorang competitor
Dengan menggunakan social media anda akan mendapatkan sebuah informasi yang penting dari seorang competitor yang kemudian mampu meningkatkan sebuah strategi dalam pemasaran. Dengan cara inilah anda dapat menganalisa sebuah teknik yang bisa digunakan oleh para competitor dan mampu melakukan sesuatu hal yang baik dari yang dilakukan oleh mereka.
6. Sosial media mampu meningkatkan Pengunjung website dan rangking dalam sebuah Search Engine
Keuntungan terbesar dari sosial media bagi seorang pembisnis adalah mampu meningkatkan jumlah
pengunjung dalam situs website. Namun tidak hanya itu saja social media juga
dapat anda gunakan dalam menemukan situs web anda melalui alamat web yang telah
anda share di social media mereka. Meskipun ini tidak terlalu signifikan namun
dalam sebuah social media juga mampu memberikan sebuah sinyal yang positif pada
sebuah search engine, sehingga nantinya anda mampu meningkatkan sebuah rangking
dalam situs website.
7. Sosial Media mampu membagikan sebuah Informasi yang jauh lebih cepat
Zaman dahulu pemasaran sangat sulit dilakukan oleh semua orang . Selain tidak mampu menjangkau pasar yang lebih luas , produk juga tidak bisa dikenal masyarakat lebih cepat. Namun perubahan telah terjadi , apalagi dengan munculnya sebuah internet dan social media yang lebih memudahkan anda dalam membagikan sebuah informasi. Dengan adanya social media sebuah penyampaian informasi pada seorang konsumen menjadi lebih cepat dan mudah.
Ketika anda mengguanakan sebuah social media dalam sebuah bisnis, khususnya dalam mengeshare sebuah informasi tentang bisnis yang anda jalani. Langkahnya pun sangat mudah anda tinggal klik tombol “ share “ di setiap social media yang bisa anda gunakan. Pastikan dalam membagikan informasi sesuai dengan target customer anda.
8. Sosial Media mampu membantu para Konsumen dalam menjangkau Bisnis anda
Sebuah social media juga mampu
menjangkau siapapun yang telah menggunakannya, terlepas nantinya untuk calon
konsumen atau pembisnis yang lain juga membutuhkan seorang jasa atau produk
bisnis yang anda jalankan. Nantinya mereka bisa memanfaatkan berbagai peralatan
social media dalam melakukan sebuah pencarian produk atau jasa yang dibutuhkan.
Kini dalam penggunaan sebuah
smartphone akan semakin meningkat bersamaan dengan berbagai akses ke barbagi
situs social media. Dengan alasana yang lebih praktis . Hal ini juga di
terapkan dalam mencari sebuah brand yang ada di social media. Karena ini bisa
dilakukan sebelum memutuskan dalam membeli sebuah produk atau memakainya.
Para konsumen juga sering
melakukan hal ini nantinya bisa di jadikan cara untuk mencari sebuah informasi
tentang reputasi brand yang telah ada di social media, seperti halnua follower,
seperti apa komentar dari seorang konsumen, informasi produk yang terbaru.
9. Sosial Media mampu mendekatkan para konsumen melalui berbagai Situs Sosial Media
Sebuah social media menjadi
sebuah sarana yang mampu menciptakan sebuah hubungan dengan para konsumen.
Salah satu contohnya , social media mampu membantu para pembisnis agen
perjalanan wisata dalam berkomunikasi dengan para wisatawan.
10. Sosial Media mampu meningkatkan Brand Awareness dan dijadikan alat Promosi dengan budget yang sangat minim
Manfaat yang terakhir dari social
media adalah mampu para pembisnis dalam meningkatkan sebuah brand awareness
dengan menggunakan biaya yang cukup lumayan. Biaya yang di perlukan dalam
melakukan hal ini adalah waktu. Pasalanya dalam mendirikan dan membangun sebuah
brand dengan menggunakan peralatan social media setidaknya akan membutuhkan
tenaga, waktu dan proses yang tidak cepat.