Selasa, 28 Maret 2017

Mengapa Line@ Adalah Sosial Media Marketing Terbaik?

Berbeda dengan sosial media lainnya, Line@ termasuk dalam kategori chat messenger, jadi bisa dikatakan line adalah semi sosial media. Namun perannya didalam sosial media marketing tidak bisa disepelekan, karena layanan ini memiliki banyak fitur yang membuat para pebisnis tak bisa melewatkannya.

Teknik pemasaran atau marketing telah mengalami revolusioner yang cukup pesat, sekarang memasarkan suatu produk tak lagi merupakan sebuah tugas yang menguras tenaga, terlebih lagi dengan bantuan internet yang memudahkan kita dalam melakukan aktivitas apapun tak hanya dalam pemasaran.

Metode pemasaran dengan perantara internet atau yang disebut dengan internet marketing telah merubah dunia pemasaran sedemikian rupa, dengan teknik ini kita dapat menjangkau cakupan lebih luas dengan mudah dan efisien, hanya dengan koneksi internet saja kita sudah dapat terhubung dengan ribuah bahkan jutaan calon kustomer di seluruh dunia.

Internet marketing sendiri memiliki beberapa bagian, seperti search engine optimization (google dan yahoo!), search engine marketing (google adwords), hingga sosial media marketing (instagram dan line@).

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang line@ dan keuntungannya, nah pada kajian kali ini kita akan mengupas tuntas mengapa Line@ adalah sosial media marketing yang terbaik.

1. Line Mengungguli Pengguna Facebook di Indonesia

Seperti dikutip dari situs kompas.com, sejak 2014 silam chat messenger besutan line corporation ini mengalami peningkatan pengguna yang cukup besar, yakni tidak kurang dari 200%.

Dibandingkan layanan pesan instan lainnya seperti Kakao Talk, Line merupakan messenger yang paling digemari masyarakat Indonesia, karena hanya dalam kurun waktu yang sama, pengguna line telah melampaui jumlah pengguna Facebook, yaitu sebesar 90 juta pengguna dan sekitar 80 juta pengguna aktif bulanan.

Mengingat tren positif dari Line sendiri, tentu ini merupakan opportunity yang sangat menggiurkan bagi para pebisnis di Indonesia untuk melebarkan sayapnya melalui sosial media marketing, khususnya dengan line@.

2. Line@ Memiliki Berbagai Macam Fitur Yang Lebih Lengkap Dibanding Para Kompetitornya

Banyak sekali keunggulan sosial media yang akan menguntungkan para pebisnis, khususnya beberapa media sosial ternama seperti Twitter, Facebook, Instagram, bahkan hingga Line.

Berbeda dengan sosial media kebanyakan, Line@ merupakan semi sosial media, atau yang biasa juga disebut dengan chat messenger, oleh karena itu banyak sekali fitur yang tidak akan anda temukan di sosial media lainnya selain line@.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah:

  1. Bisa memiliki banyak admin - jadi akun line@ anda bisa dikelola oleh banyak orang untuk meningkatkan kecepatan layanan
  2. Broadcast messages - iklan yang anda kirimkan akan langsung masuk ke chat kustomer, artinya ini akan lebih tertarget dan memiliki kemungkinan tingkat konversi yang tinggi
  3. Sharing timeline - Seperti twitter dan instagram, line@ juga memiliki timeline, dengan fitur ini kita dapat memposting produk-produk terbaru atau sekedar memberikan update terkini kepada konsumen.
  4. Statistics - dengan fitur ini anda bisa melihat perkembangan dari performance akun anda, mulai dari valid adders, blockers, hingga penambahan adders pada jangka waktu tertentu
  5. Reply mode - anda pernah mengalami capek dalam membalas chat kustomer yang itu-itu aja? fitur reply mode ini akan sangat berguna sekali bagi anda, jadi fasilitas ini akan membalas chat kustomer secara otomatis tergantung dengan kata kunci yang anda masukkan
  6. Greeting Messages - Fitur ini akan aktif ketika pengguna line add line@ kalian, sesudah mereka meng add official account kalian maka salam pembuka itu akan langsung muncul kepada mereka, isinya bisa katalog produk, dsb.

3. Dengan dibuatnya "official account" akan meningkatkan kredibilitas dan tingkat kepercayaan terhadap bisnis anda

Akun line@ atau yang sering disebut sebagai official account dari line, menandakan bahwasanya bisnis anda memiliki reputasi dan status karena "official".

Jadi, dengan menggunakan official account sebagai wadah pemasaran SMO anda, hal tersebut akan turut berdampak positif kepada calon kustomer, misalnya dari segi kepercayaan dan tingkat keamanan.

4. Memudahkan para pembeli dan penjual untuk langsung melakukan interaksi dan transaksi

Berbeda seperti sosial media lainnya, Line@ ini adalah semi-sosial media atau yang disebut sebagai layanan pesan instan. 

Jadi dengan menggunakan line@ ini para penjual dan pembeli bisa langsung melakukan kontak dan transaksi pembelian lewat chat, berbeda dengan instagram dan twitter yang masih memiliki kendala dalam hal ini.

Jadi line@ ini bisa disebut sebagai media berjualan yang all in one, tidak hanya bisa menampilkan katalog produk saja, tapi juga bisa memfasilitasi pebisnis tersebut untuk melakukan transaksi bersama klien-kliennya.

Secara keseluruhan layanan yang dihadirkan oleh line corporation ini sudah sangat baik sekali untuk mewadahi para pengusaha, mulai dari level usaha kecil menengah (UKM) hingga level korporasi seperti perusahaan.

Untuk kedepannya Line@ diharapkan akan menghadirkan inovasi-inovasi yang makin memudahkan penggunanya, baik itu dalam hal teknis maupun yang lainnya.