Minggu, 14 Mei 2017

Penjelasan Menu dan Fitur Line@

Penjelasan Menu dan Fitur Line@













Seperti yang sudah pernah kita bahas pada postingan sebelumnnya, Line@ memiliki banyak sekali menu serta fitur yang memanjakan penggunanya, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu media sosial dengan fitur terlengkap untuk seorang pebisnis, jadi tak ada alasan lagi bagi para UKM untuk tidak menggunakan tools yang luar biasa ini.

Memang Line@ ini diciptakan khusus untuk pemilik usaha, berbeda dengan akun line messenger biasanya, oleh karena itu kita disuguhkan beragam fitur yang membantu kita dalam menjalankan usaha kita, seperti broadcast, timeline sharing, dan sebagainya yang akan kita ulas pada postingan kali ini.

Secara keseluruhan, ada sekitar 15 fitur yang dapat anda nikmati dengan menggunakan line@, tentu ini jauh diatas para pesaing-pesaingnya dalam memanjakan para penggunanya, terutama para pemilik usaha ataupun publik figur.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasan dari menu dan fitur yang ada di Line@.

1. Beranda / Home 

















Menu beranda atau yang juga disebut home ini merupakan fitur utama yang tersedia, disana kita bisa melakukan posting yang dinamakan "timeline sharing", jadi kita bisa memposting banyak status disana, bahkan bisa mencapai 3000 post / bulan untuk regular account dan 3600 post / bulan untuk premium account.

Didalam beranda ini juga kita bisa mempublikasikan posting dalam 3 macam jenis, yakni write, photo, dan sticker. Jadi anda dapat memvariasikannya untuk berinteraksi dengan para adders atau followers line@ anda.

2. Chats

















Berinteraksi dengan kustomer tentu merupakan sebuah faktor yang penting bagi sebuah bisnis, disana kita melakukan penawaran hingga akhirnya mencapai penjualan. Disinilah salah satu keuntungan menggunakan Line@, kita dapat melakukan seluruh aktivitas dalam 1 platform sekaligus.

Pada halaman ini kita dapat melakukan interaksi dengan kustomer, mulai dari chat, mengirimkan gambar dan sebagainya, fitur ini sangat penting bagi anda untuk melakukan penjualan kepada calon pembeli.

3. Gain friends / tambah teman

















Di menu "gain friends" ini kita dapat menemukan link dari official account kita, dengan link ini para pengguna dapat dengan mudah menemukan line@ kita. Disana juga terdapat barcode yang dapat discan, tak lain dan tak bukan kegunaanya adalah untuk menemukan akun official kita.

4. Manage members & account

Di menu member & accounts ini kita dapat menambahkan admin di akun line@ kita, apabila kita membutuhkan admin tambahan karena kewalahan atau hal lainnya, maka anda dapat dengan mudah menambahkan orang lain menjadi admin di akun anda, jadi mereka bisa membantu mengelola akun anda, baik itu untuk mengkustomisasi OA maupun membalas chat para kustomer.

Namun, pada halaman ini juga terdapat fitur "delete account" yang ada dibawah, tentu anda harus berhati-hati dalam menggunakan fitur ini, karena jika anda menekannya maka sama saja anda menghapus OA anda sendiri.

5. Profil

Nama, status, dan foto profil merupakan aspek penting yang menentukan image atau pandangan orang terhadap akun line@ anda. Didalam menu ini kita dapat mengkustomisasi mulai dari nama, status, hingga foto profil anda.

6. Reply Mode

Apabila anda kewalahan dalam mengelola dengan jumlah chat yang banyak, mungkin fitur ini bisa menjadi salah satu solusinya, selain menambahkan tenaga admin untuk membalasnya, anda juga dapat memanfaatkan fitur reply mode.

Fitur ini dapat mempermudah pekerjaan anda dengan membalas chat secara otomatis dan terkustomisasi. Berikut adalah penjelasan masing-masing fitur:
  • 1 on 1 chat mode = mode untuk chat dengan para adders
  • receive messages in auto reply mode = anda tetap dapat menerima pesan meskipun fitur auto reply mode diaktifkan
  • auto reply messages = secara otomatis membalas chat pelanggan dengan format yang sudah disiapkan
  • keyword reply messages = membalas chat pelanggan secara otomatis dengan kata kunci tertentu
  • greeting messages = mengirimkan pesan pembuka secara otomatis ketika pelanggan menambahkan / add official account anda
7. Home setting



Pada halaman ini, anda dapat mengatur apa saja yang berhubungan dengan beranda anda, mulai dari mempost apabila cover photo line@ diganti, membuka kolom likes dan comments, membuka kolom likes saja, hingga memfilter kata apa saja yang tidak boleh muncul dalam kolom komentar.

8. Account Page

Pada menu ini, kalian bisa mengatur semua yang berhubungan dengan informasi akun, mulai dari kupon, timeline, menu, foto, lokasi, informasi bisnis, hingga biography dari bisnis anda. Berbeda dari home setting, account page ini dipergunakan untuk mengatur dan mengelola keseluruhan atau informasi dari akun line@.

9. Coupon

Anda pernah mendapatkan kupon dari starbucks untuk membeli minuman-minumannya? Yap, fitur kupon ini dapat anda gunakan untuk memberi kupon kepada para pembeli, entah itu berupa potongan harga, beli 1 gratis 1, dan yang lainnya.

Anda juga bisa mendesain gambar-gambar dari kupon tersebut sekreatif mungkin, dengan membuat kupon yang cantik dan menggiurkan maka anda bisa menarik pelanggan membeli dagangan anda.
a
10. Statistik



Dengan fitur ini kita bisa melihat perkembangan atau progress adders kita, apakah gain atau loss adders alias blockers. Jadi didalam line@ ini kita tidak bisa mengunfollow layaknya di twitter dan instagram, namun kita bisa memblock suatu official account, dan para user yang meblock tersebut disebut blockers.

Adders yang terpampang dihalaman utama line@ merupakan adders secara keseluruhan, jadi campuran dari valid adders (adders yang tidak memblock) dan blockers adders (yang sudah block akun line@ anda. Para blockers tersebut tidak lagi bisa menerima update dari OA anda, termasuk timeline, broadcast, dsb.

11. Reward 

Mirip seperti kupon, reward merupakan salah satu fitur promosi yang disediakan line@, jadi dengan reward ini para pelanggan akan di challange untuk mendapatkan hadiah dari apa yang mereka lakukan.

Misalnya program beli 10 gratis 1, ketika mereka sudah menggunakan jasa dari pemilik bisnis 10x maka mereka akan dapat gratis jasa 1x dari penyedia jasanya. Ketentuan rewardnya pun beragam, tergantung kebijakan dari para pemilik bisnis itu sendiri.